Senin, 20 Mei 2013

Renungan Pagi, Senin 20 Mei 2013



"Dan aku mendengar jumlah mereka yang dimeteraikan itu : SERATUS EMPAT PULUH EMPAT RIBU YANG TELAH DIMETERAIKAN DARI SEMUA SUKU KETURUNAN ISRAEL.” (Wahyu 7:4).

Salah satu teka-teki paling menarik dalam Kitab Wahyu adalah sehubungan dengan jumlah 144.000 orang.  Siapa yang diwakili oleh kelompok ini dan perbedaan apa yang ditimbulkannya bagi kita yang membaca ayat hari ini?

Hal yang paling jelas dalam pasal ini adalah bahwa jumlah tersebut didapat dengan mengalikan 12 dengan 12 dikali 1.000.  Satu kali 12 melambangkan ke-12 suku bangsa Israel Zaman Perjanjian Lama; 12.000 dari setiap suku, dengan demikian mencapai  total 144.000. Namun Perjanjian Lama menggunakan kata Ibrani untuk “seribu” (eleph) dengan berbagai macam cara, karena ini bukan hanya sekadar  jumlah.  Sebagai jumlah, tentu saja eleph mewakili 144 kelompok dari masing-masing 1.000 orang. Dihubungkan dengan ini, kata ini bisa juga menjelaskan satu kesatuan militer. Kita bisa menyebut unit tersebut satu brigade atau batalyon. Orang Romawi menyebutnya legion. Satu legion Romawi terdiri dari sekitar 1.000 orang, 960 prajurit ditambah dengan perwira mereka.

Tapi eleph (“seribu”) bisa juga ditetapkan pada divisi-divisi administrative pada setiap suku, mirip seperti propinsi (Kel. 18:21,25). Bangsa Israel kuno memiliki para pemimpin atas setiap sepuluh ribu orang [jumlah orang dalam setiap suku mencapai total puluhan ribu (Bil. 26:4-62)], yaitu pemimpin atas ribuan orang (seperti gubernur propinsi), dan pemimpin atas ratusan orang (desa), lima puluhan, dan sepuluhan (keluarga besar).  Karena bangsa Israel pada awalnya berasal dari satu keluarga (Kej. 49:1-28), divisi-divisi administrative semacam itu juga mewakili suatu ranting keluarga. Masing-masing suku bisa dipecah menjadi sub-sub suku, klan, dan keluarga. Dengan demikian, maka eleph tak lagi mewakili suatu jumlah , tetapi pemimpin sebuah subkelompok suku atau klan.  Jumlah 144.000 itu akan mewakili 144 kepala keluarga, masing-masing  memerintah klan dengan jumlah hingga ribuan.  Apakah intinya ? Bagaimana pun Anda menafsirkan “ribuan,” jumlah 144.000 merupakan cara simbolik untuk menggambarkan totalitas bangsa Israel.

Jadi jumlah 144.000 ini menggambarkan umat Allah sebagai keseluruhan.  Kitab Wahyu meluaskan pengertian Israel hingga pada mereka yang mengikuti Anak Domba di dalam ketaatan mereka kepada Mesias.  Dalam Yerusalem Baru (Wahyu 21), setiap pintu gerbang melambangkan ke-12 suku Israel dan setiap pondasi melambangkan satu dari ke-12 rasul (lihat Mat. 19:28).  Jadi ke 144.000 orang ini bukan semacam kelompok elite.  Itu adalah perlambang dari setiap orang yang setia kepada Allah Israel, tak peduli kapan atau di mana mereka berada (Why. 7:9).

Tuhan, aku sangat bersyukur karena semua orang bisa menjadi bagian dari totalitas bangsa Israel.  Aku mengabdikan diri untuk menjadi bagian dari umat zaman akhir-Mu yang setia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar