Jumat, 10 Mei 2013

Pelajaran Sekolah Sabat Dewasa, 10 Mei 2013



Jumat, 10 Mei 2013
                              
Pendalaman : Bacalah kutipan-kutipan berikut ini dan diskusikan bagai­manakah mereka dapat menolong kita memahami lebih jelas pekabaran dari buku Yunus.
"Kapan saja mereka membutuhkan bantuan Anak-anak Allah memiliki hak istimewa yang berharga untuk memohon bantuan dari Dia. Tidak masalah apa­kah tempatnya tidak tepat, telinga kemurahan Allah terbuka untuk tangisan mereka. Bagaimana terpencil dan gelap tempatnya, itu dapat diubah menjadi kaabah yang benar dengan doa anak-anak Allah.—Ellen G. White, The SDA Bible Commentary, jld. 4, hlm. 1.003.
"Menjadi bingung, merasa terhina dan tidak sanggup mengerti akan ren­cana Allah dengan menyelamatkan Niniwe, bagaimanapun Yunus telah meme­nuhi tugas yang diberikan kepadanya untuk memberi amaran pada kota yang besar itu; dan walaupun peristiwa yang diramalkan tidak terjadi, namun ba­gaimanapun pekabaran itu berasal dari Allah. Dan pekabaran itu menyelesai­kan rencana Allah yang dirancangkan-Nya harus demikian. Kemuliaan rahmat-Nya telah dinyatakan di antara orang kafir". —Ellen G. White, Alfa dan Omega, jld. 3, hlm. 224.
Pertanyaan untuk didiskusikan:
  1.  Buku Yunus mengajarkan bahwa Allah mengatur alam ini sepenuh­nya. Bayangkan jika ada sahabatmu yang kehilangan anggota kelu­arganya karena bencana alam. Bagaimanakah kamu menjelaskan kepada dia bahwa Allah masih berkuasa meskipun kehadiran ben­cana alam yang menghancurkan bagian dari dunia kita dan mereng­gut nyawa manusia?
  2. Baca Yunus ayat terakhir. Apakah yang diajarkan bagi kita tentang tanggung jawab kita untuk menjangkau ke setiap sudut dunia ini?
  3. Dalam perumpamaan hamba yang tidak mengampuni (Mat. 18:21- 35), Yesus membandingkan Allah dengan raja yang marah yang membatalkan pengampunannya dan melemparkan hamba yang dulu diampuni ke dalam penjara. Apakah benar Allah mencabut pengam­punannya? Beberapa orang Kristen dengan tegas membantah Dia ti­dak melakukannya. Sebagai gereja, posisi apa yang kita ambil dari topik ini, dan mengapa?
  4. Bagi banyak orang masuk ke dalam hidup sekular, pemikiran bahwa manusia ditelan dan hidup di dalam ikan besar adalah sesuatu yang tidak boleh dianggap serius. Sebagaimana kita lihat sebelumnya, ba­gaimanapun juga Yesus dengan jelas menyaksikan kebenaran cerita itu. Bagaimanakah cerita ini menolong kita menyadari betapa dang­kal dan terbatasnya pandangan anti supernatural akan kebenaran cerita ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar