Sabtu, 04 Mei 2013

Pelajaran Sekolah Sabat Dewasa, Sabat 4 Mei 2012



Bersemangat untuk Mengampuni (Yunus)

Sabat Petang

Bacalah Untuk Pelajaran Pekan Ini: Yunus 1-4; Mzm. 139:1-12; Yes. 42:5; Wah. 10:6; Mat. 12:39-41; 2 Kor. 36:15-17.

Ayat Hafalan :" Tetapi aku, dengan ucapan syukur akan kuper­sembahkan korban kepada-Mu; apa yang kunazarkan akan kubayar. Keselamatan adalah dari TUHAN!" (Yunus 2:9)

Pokok Pikiran: Buku Yunus menyatakan, di antara hal-hal yang lain, bahwa Allah lebih berkemauan untuk menolong orang lain dari pada kita.

Cerita Yunus, ini bukan jurukabar Allah yang biasa, ia adalah seseorang yang sangat dikenal dalam Alkitab. Yunus diutus oleh Allah untuk mem­peringatkan kehancuran Niniwe yang akan datang. Dia curiga bahwa orang non Ibrani ini akan bertobat dari dosanya dan bahwa Allah akan meng­ampuni mereka. Menjadi seorang nabi yang benar, Yunus tahu, bahwa Allah akan menyelamatkan Niniwe, bukan menghancurkannya. Itulah mungkin se­babnya mengapa dia, pada mulanya, berusaha melarikan diri. Karena memaksa melebihi kendalinya, namun Yunus mengubah pemikirannya dan mengikuti perintah Tuhan.

Dalam menanggapi khotbah Yunus, seluruh kota itu percaya dan bertobat dalam cara yang mana, malangnya, Israel dan Yehuda tidak melakukannya. Yunus, sementara itu, memiliki banyak pelajaran yang akan dipelajari. Cerita ini menunjukkan bagaimanakah Allah dengan sabarnya mengajar nabi yang keras kepala dan picik dan apakah kasih, kemurahan dan pengampunan itu.

* Pelajari Pelajaran Pekan ini untuk persiapan Sabat, 10 Mei.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar