Jumat, 24 Mei 2013

Pelajaran Sekolah sabat Dewasa, 24 Mei 2013



Jumat 24 MEI 2013

Pendalaman: Bacalah komentar-komentar berikut ini dan diskusi­kan bagaimanakah mereka menolong kita untuk memahami lebih baik pekabaran Habakuk.
"Ada jawaban untuk pertanyaan Habakuk. Ini adalah jawaban, bukan pe­mikiran tetapi peristiwa. Jawaban Allah akan terjadi, tetapi tidak akan dapat di­ucapkan dalam kata-kata. Jawaban pasti akaii datang; jika kelihatannya lam­bat, tunggu. Benar, sementara akan sulit menanggungnya; orang benar akan merasa ngeri karena apa yang dia lihat. Kepada jawaban yang besar ini dibe­rikan: 'Orang benar akan hidup oleh iman.' Itulah jawabannya, sekali lagi bu­kan dalam hal pemikiran, tetapi dalam kehidupan. Iman kenabian adalah per­caya di dalam Dia, yang dalam kehadirannya ketenangan adalah bentuk dari pengertian". —Abraham J. Heschel, The Prophet, hlm. 143.

"Kita harus memegang dan menumbuhkan iman yang olehnya para nabi dan rasul telah bersaksi—iman yang berpegang pada janji-janji Allah dan yang menunggu kelepasan pada waktu dan cara yang telah ditentukan-Nya. Perka­taan nubuat yang pasti akan menemukan kegenapannya yang terakhir pada ke­datangan Tuhan dan Juruselamat Yesus Kristus kita yang mulia itu, sebagai Raja atas segala rap dan Tuhan di atas segala tuhan. Waktu menunggu mung­kin tampaknya lama, jiwa mungkin ditindas oleh keadaan-keadaan yang mem­buat putus asa, banyak orang yang tadinya mempunyai keyakinan mungkin akan jatuh di jalan; tetapi dengan nabi yang telah memperlihatkan ketabahan untuk membangkitkan semangat Yehuda pada zaman kemurtadan yang tiada bandingannya, marilah kita dengan yakin mengatakan, "Tuhan ada di dalam bait-Nya yang kudus. Berdiam dirilah di hadapannya hai segenap bumi—Ellen G. White, Alfa dan Omega, jld. 4, hlm. 14,15.

      PERTANYAAN UNTUK DIDISKUSIKAN

  1. Ringkaskanlah dialog Habakuk dengan Tuhan. Apakah keluhannya yang mendasar? Bagaimanakah dia menanggapi jawaban Allah? 
  2. Apakah bisa, di mata Allah, pertanyaan yang jujur dan meragukan adalah sikap keagamaan yang lebih berterima dari pada hanya sekadar kepercayaan yang dangkal? Berikan Jawabanmu.
  3. Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh generasi yang lalu percaya bahwa Yesus akan datang masa itu, dan mereka akan melihat pun­cak penggenapan dari semua janji-janji yang hebat ini. Bagaimana­kah kita belajar untuk mempertahankan iman kita sekarang, gene­rasi berikutnya, menantikan kedatangan-Nya?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar