Kamis, 11 April 2013

Pelajaran Sekolah Sabat Dewasa, Senin 8 April 2013

Senin                                                                                      8 April

ANAK LEMBU YANG TERLATIH

     Baca Hosea 10: 11-13. Pekabaran apakah yang sedang Allah berikan kepada umat-Nya di sini? Bagaimanakah kita memahami frase, "sampai Ia datang dan menghujani engkau dengan keadilan?" (NIV)
_______________________________________________________________________________
_______________________________________________________________________________

     Dalam Hosea 10, anak Allah Efraim dibandingkan dengan anak lembu yang terlatih yang suka untuk mengirik gandum karena dia akan makan setelah mengirik. Jadi, gantinya menjadi produktif, kehidupan bangsa Israel menjadi pusat kepada diri sendiri. Ketika Allah memberikan kuk kepada Israel untuk bekerja di ladang yang terbuka sebagaimana seharusnya sebuah bangsa, kebenaran dan kebaikan akan bertumbuh. 
     Pada zaman Alkitab, kuk adalah alat untuk pelayanan. binatang yang muda dilatih supaya jinak dengan bekerja di pengirikan terlebih dulu (Yer.50:11). Selama menggunakan kuk, kaki mereka akan menginjak jagung. Pada tahap berikutnya, mereka menarik pemukul diatas jagung tersebut. (2Sam. 24:22). Jenis pekerjaan ini mempersiapkan mereka untuk bekerja lebih disiplin yaitu membajak alur sawah (1 Raja 19:19; Yer. 4:3). Allah memiliki rencana yang sama dalam pelatihannya kepada Israel. Dia akan meletakkan kuk pada leher Efraim yang indah untuk membuat mereka bekerja keras dalam membajak dan menggemburkan tanah.
     Dalam Hosea 10:12 sang Nabi menuliska apa yang Allah inginkan terhadap bangsa Israel melalui firman-Nya. Kasih yang benar dan setia adalah janji dari Allah kepada istri-Nya ketika perjanjian itu diperbaharui (Hos.2:19). Jika mereka menabur kebenaran, mereka akan menuai kebaikan kemudian. Hanya dengan mencari Tuhan dan kehendak-Nya yang akan membebaskan bangsa Israel dari penghukuman. Pintu kasihan masih terbuka untuk pertobatan umat pilihan Allah.
     Teguran untuk menaburkan kebenaran menyangkut hubungan pribadi lepas pribadi; mencari Allah juga menyangkut hubungan antara Allah dan umatNya. Memecahkan tanah berarti pembaruan sosial dan rohani. Tuhan dan umatNya akan bekerja bersama-sama dalam hubungan yang baik untuk membawa berkat berkat kembali ke tanah itu. Hasilnya akan menjadi keagungan yang akan mengisi seluruh dunia. (Hos. 14:5-7)

Bacalah undangan Kristus untuk memakaikan kuk bagi diri kita (Mat. 11:28-30). Bagaimanakah kita dapat belajar dari kristus untuk menjadi "Lemah lembut dan rendah hati" menolong kita untuk mencari ketenangan jiwa?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar