Rabu, 17 April 2013

Pelajaran Sekolah Sabat Dewasa, 17 April 2013

MEMPROKLAMASIKAN NAMA ALLAH

"Matahari akan berubah menjadi gelap gulita dan bulan menjadi darah sebelum datangnya hari TUHAN yang hebat dan dahsyat itu. Dan barang siapa berseru kepada nama TUHAN akan diselamatkan, sebab digunung Sion dan Yerusalem akan ada keselamatan, seperti yang telah difirmankan Tuhan; dan setiap orang yang dipanggil Tuhan akan termasuk orang orang yang terlepas" (Yoel 2:31,32)

Penggelapan matahari dan mengubah bulan menjadi darah tidak boleh di pahami sebagai bencana Alam, tetapi sebagai tanda Supranatural menjelang hari Tuhan. Pada zaman Alkitab, banyak negara kafir menyembah benda langit sebagai dewa, sesuatu yang Musa katakan tidak boleh dilakukan oleh bangsa israel (Ul.4:19). Artinya, nubuatan Yoel memperkirakan bahwa berhala dari bangsa-bangsa akan lenyap saat hari penghakiman Tuhan tiba. Yoel 3:15 menambahkan bahwa walaupun bersinar akan kehilangan kuasanya dan tidak akan lagi bersinar, karena hadirat kemuliaan Tuhan akan menyinari semuanya.

Sementara hadirat Kristus akan menakutkan bagi yang tidak bertobat, bagaimanakah orang benar menyambut Tuhan mereka? Apakah perbedaan yang sangat penting? Lihat Yes. 26:9; Yoel 2:3; Kisah 2:21; Rm. 10:13.

Didalam Alkitab, ungkapan untuk "memanggil nama Tuhan" bukan hanya berarti menyebut diri sebagai pengikut Tuhan dan menuntut janjiNya. Hal ini  berarti juga menjadi saksi kepada orang lain mengenai Tuhan dan apa yang telah diperbuatnya di dunia ini. Abraham membangun Mezbah dan memproklamasikan nama Allah di tanah kanaan. (Kel.12:8). Kepada Musa digunung sinai, Allah menyatakan kebaikan dan rahmatNya (Kel. 33:19,34:5). Pemazmur memanggil orang setia untuk bersyukur kepada Allah dan memanggil nama-Nya dengan memberitahukan kepada bangsa bangsa apa yang telah Ia buat (Mzm. 105:1). Kata kata yang sama di temukan pada lagu keselamatan yang ditulis oleh nabi Yesaya (Yes. 12:4)
Jadi memproklamasikan nama Tuhan berarti baik menjadi juru kabar Injil bahwa Allah masih memerintah dunia ini yang kedua, untuk memanggil semua orang di dunia ini melihat semuanya berdasakan perbuatan dan tabiat Allah. Ini juga berarti memberitahukan kepada semua orang tentang kemurahan hati Allah dalam memberikan keselamatan yang ditawarkan kepada semua umat manusia.

Apakah artinya bagimu "memanggil nama Tuhan"? Bagaimanakah kamu melakukan hal itu,  dan apa yang terjadi ketika anda melakukannya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar