Selasa, 16 April 2013

Pelajaran Sekolah Sabat Dewasa, Selasa 16 April 2013

Karunia Roh

Baca Yoel 2: 28,29 bersama dengan Kisah 2:1-21 Bagaimanakah Petrus menafsirkan nubuatan Yoel di sini?

___________________________________________________________________________
___________________________________________________________________________

        Pada hari Pentakosta, Rasul Paulus memberitahukan  bahwa Tuhan telah menggenapi janji-Nya, yang diberikan melalui Yoel, sehubungan dengan pencurahan Roh Kudus, sebagai tanda yang bisa lihat akan campur tangan Allah yang supra natural kepada manusia, Allah membuat gejala Alam yang luar biasa yang dapat dilihat di dalam alam, baik di langit dan di bumi.
      "Dalam hubungannya dengan pemandangan pada heri besar Allah itu, Tuhan melalui nabi Yoel telah menjanjikan satu manifestasi khusus Roh Kudus-Nya. (Yoel 2:28). Nubuatan ini sebagian digrnapi pada kecurahan Roh pada hari Pentakosta itu, tetapi nubuatan itu akan mencapai kepenuhan penyataan rahmat Ilahi, yang akan membantu penyelesain pekabaran Injil pada akhir Zaman--Ellen G. White, Alpha Omega, jld 8, hlm 11.
      Dalam konteks Yoel, pertobatan harus diikuti oleh pencurahan Roh Kudus yang besar. Hal ini akan membawa pembaharuan yang luar biasa. Gantinya kehancuran, berkat berkat karunia Allah akan melimpah. Allah kembali meyakinkan umat-Nya bahwa ciptaannya akan dipulihkan dan bangsa-bangsa akan dibebaskan dari penindas.
      Roh dicurahkan keatas umat Allah, sama seperti pengurapan minyak yang dicurahkan keatas kepala orang yang telah dipilih oleh Allah bagi pelayanan khusus. Roh juga memberikan kuasa yang limpah bagi orang yang menerima sehingga mereka dapat melakukan pekerjaan tertentu untuk Tuhan(Kel.31:2-5, Hak. 6:34). Hanya dalam waktu ini manifestasi Roh diterima dalam jumlah yang luas. Pada poin besar dalam sejarah itu, keselamatan tersedia bagi semua yang mencari Allah. Roh Allah akan tercurah bagi semua orang yang percaya-- tanpa memandang usia,jenis kelamin, atau status sosial-- di dalam menggenapi keinginan Musa, bahwa semua umat Tuhan akan menjadi Nabidan Tuhan akan menaruh Roh Kudus atas mereka.(Bil. 11:29)

Hal apakah yang dapat kamu lakukandalam kehidupanmu sendiri yang dapat membuat kamu lebih mudah menerima kecurahan Roh Kudus?
__________________________________________________________________________
__________________________________________________________________________
__________________________________________________________________________

Tidak ada komentar:

Posting Komentar