Kamis, 11 April 2013

Pelajaran Sekolah Sabat Dewasa, Kamis 11 April 2013

Kamis                                                                       11 April 2013

DISEMBUHKAN, DIKASIHI, DAN DIPELIHARA

      Beberapa sarjana zaman dulu memandang Tuhan, seperti dinyatakan dalam perjanjian lama, seorang yang bengis dan tidak mau mengampuni, bertolak belakang dengan Yesus, yang dinyatakan dalam perjanjian baru. Mengapakah hal itu adalah kesimpulan yang salah? bagaimanakah pekabaran dari Hosea 14 menolong untuk menunjukkan betapa salahnya kesimpulan itu ? Apakah yang pasal ini nyatakan tentangg tabiat Allah dan kasih kepada umat-Nya?
__________________________________________________________________________________
__________________________________________________________________________________

        Pasal terakhir dari buku Hosea adalah klimaks yang tepat untuk pekabaran yang dinyatakan oleh nabi itu. Itu menegaskan kembali janji bahwa keselamatan dari Allah adalah kata kata terakhir. Pasal itu dimulai satu panggilan lagi untuk kembali dari kelaliman. Dalam mengajak orang untuk kembali kepada Allah, nabi memberikan kata kata yang harus mereka katakan dalam perbaktian. Permohonan mereka haruslah supaya Allah membuang kesalahan yang membuat mereka tersandung. Mereka juga harus meninggalkan ketergantungan mereka kepada bangsa lain dan sepenuhnya menolak penyembahan berhala. Pada Zaman Alkitab tidak ada orang yang diharapkan datang ke hadapan Tuhan dengan tangan kosong (Kel 23:15)
lebih dari menbawa korban bakaran, mereka diminta untuk mengatakan kata kata pertobatan yang sungguh sungguh sebagai persembahan syukur mereka.
      Kemudian, setelah penyesalan sebagai bagian manusia, Allah menanggapi dengan serangkaian janji. Yang terutama dari hal hal ini adalah penyembuhan dari penyakit manusia oleh Dokter Illahi. Allah memperbaharui hubungan dengan Israel seperti embun yang dihasilkan untuk membasahi bunga dan pohon yang ada di Palestina selama musim panas yang lama dan kering. Ini juga dihubungkan dengan pohon Zaitun, yang dianggap berharga, tergolong sebagai mahkota dari pohon pohonan berbuah. Daun daunnya menghasilkan keteduhan dan kesegaran dan minyaknya digunakan sebagai makanan, kosmetik dan sebagai minyak untuk lampu. Pohon cemara Libanon yang besar dianggap sebagai pohon yang paling berguna di dalam Alkitab. Kayunya sangat mahal dibuat untuk membangun kaabah dan istana Raja ( 1 Raja 6:9,10). Akar akarnya yang ditanam oleh Allah akan menghasilkan kesegaran tanaman yang melimpah yang Israel akan menjadi ladang yang penuh dengan berkat bagi seluruh dunia.

    Baca ayat terakhir dari pasal tersebut. Syarat apakah yang dituntut supaya janji ini digenapi ? Mengapakah tidak ada perbedaan dengan kita saat ini, dalam peran kita sebagai anggota Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh?

2 komentar:

  1. Terimakasih Teman atas renungannya. Sangat membantu bagi yg blm pnya buku ss.
    Jangan lupa update ss n renungan paginya ya?biarlah blog ini menjafi berkat bagi org lain dan kepujian bagi nama Tuhan

    BalasHapus
  2. Amiinnnn...
    Hi Lyds, sama sama teman. Siip... akan terus di update :-)

    BalasHapus