Rabu, 24 April 2013

Pelajaran Sekolah Sabat Dewasa, 24 April 2013



PERTEMUAN ISRAEL DENGAN ALLAH

"Bersiaplah untuk bertemu dengan Allahmu, hai Israel" (Amos 4:12)

Amos 4 dimulai dengan gambaran dosa Israel, dan diakhiri dengan pengu­muman akan hari perhitungan. Allah membuat umat-Nya khususnya bertang­gung jawab bagaimana mereka hidup dan memperlakukan yang lain.
Amos mendaftarkan daftar bencana alam, satu hal yang cukup untuk mem­buat mereka kembali kepada Allah. Daftar itu disusun dalam tujuh bencana, hukuman penuh bagi mereka yang melanggar perjanjian (sesuai dengan kata-kata Musa dalam Imamat 26). Beberapa bencana ini mengingatkan kita satu tu­lah yang dikirim Allah ke Mesir, sementara gambaran dari bencana yang terak­hir dengan tegas disebutkan kehancuran total dari Sodom dan Gomora.
Menurut doa Salomo saat penahbisan bait suci, apakah harus bencana yang menuntun orang untuk melakukan sesuatu? 1 Raja.8:37-40.
_______________________________________________________________________________
_______________________________________________________________________________
_______________________________________________________________________________

Orang Israel tidak berperangai seperti orang biasa lagi, dan Allah menda­pati adalah mustahil untuk mendapatkan perhatian mereka. Bahkan, pengha­kiman Allah mengakibatkan mengerasnya hati bangsa itu. Karena bangsa itu gagal untuk kembali kepada Allah, Amos menyampaikan kesempatan terak­hir untuk bertobat.
Penghakiman terakhir adalah segera, tetapi Amos tidak menjelaskan peng­hakiman apa yang akan terjadi. Ketidakpastian yang menghantui dalam kata- kata Amos membuat dalam menghadapi penghakiman semakin tidak menye­nangkan. Israel telah gagal untuk mencari Allah, sehingga Allah keluar men­jumpai Israel.
Amos 4:12 dimulai dengan kata-kata "sebab demikian akan kulakukan ke­padamu," yang menggemakan rumus sumpah tradisional. Pernyataan yang sungguh-sungguh ini memanggil tanggapan dari Israel untuk mempersiapkan bertemu dengan Aliahnya seperti yang mereka lakukan sebelumnya untuk ke­hadiran Allah di Sinai. (Kel. 19:11, 15).

Baca dengan teliti Amos 4:12, 13. Jika, tiba-tiba, kamu mendengar peringatan, "Bersiaplah untuk bertemu Tuhanmu, hai (namamu di sini)" — apakah tanggapanmu? Apakah satu-satunya harapanmu? Lihat Rm. 3:19-28.
______________________________________________________________________________
______________________________________________________________________________

Tidak ada komentar:

Posting Komentar