Kamis, 11 April 2013

Pelajaran Sekolah Sabat Dewasa, Sabat 6 April 2013

Kasih dan Penghakiman:
Dilema Allah ( Hosea)

Sabat Petang                                                                                                              6 April 2013

Bacalah Untuk Pelajaran Pekan Ini : Hos. 7:11,12; 10: 11-13; Mat. 11:28-30; Rm. 5:8; 1Ptr. 2:24; Hosea 14.

Ayat Hafalan : " Engkau ini harus berbalik kepada Allahmu, peliharalah kasih setia dan hukum, dan nantikanlah Allahmu senantiasa"(Hosea 12:7)

Pokok Pikiran :  Hosea mengungkapkan lebih banyak lagi kasih Allah kepada Umat-Nya yang suka melawan.

Cara yang umum bagi penulis alkitab untuk berbicara tentang hubungan kasih Allah dengan Umat-Nya adalah dengan menggunakan Metaphora. Metaphora menjelaskan sesuatu dengan sangat dalam tentang sesuatu yang kurang dikenal melalui sesuatu yang sudah dikenal dengan baik. Metafora adalah symbol, yang digunakan untuk menjelaskan sesuatu yang lain.

Dua metafora yang paling sering digunakan untuk menjelakan hubungan Allah dan Umat-Nya adalah suami-istri dan orangtua-anak. Pekan lalu kita melihat metafora suami istri. Pekan ini kita akan melihat lebih banyak lagi metafora Hosea, yang paling dominan adalah, orangtua-anak.

Hosea menggunakan metafora untuk alasan yang sama ketika Yesus menggunakan perumpamaan : Pertama, untuk menjelaskan kebenaran tentang Allah melalui satu hal yang biasa; yang kedua, untuk memberikan kesan kepada pemikiran manusia pentingnya prinsip rohani yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari hari.

*Pelajari Pelajaran Pekan Ini untuk persiapan Sabat, 13 April.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar