Minggu, 14 April 2013

Pelajaran Sekolah Sabat Dewasa, Minggu 14 April 2013

Bencana Nasional

Baca : Yoel 1:1-12. Apakah yang terjadi pada tanah Yehuda?

_______________________________________________________________________________

Nabi, yang tinggal di daerah pertanian, memanggil para petani yang kecewa karena kehilangan hasil panen gandum dan buah mereka. Kehancuran ekologi akan melumpuhkan ekonomi nasional selama bertahun tahun. Tambahannya untuk kehilangan makanan, keteduhan dan kayu kayu, adanya ancaman erosi. Beberapa jenis pohon buah di palestina memerlukan waktu dua puluh tahun untuk bisa produktif. Faktanya, kehancuran pertanian dan penggundulan hutan adalah taktik untuk menyerang musuh, menghukum mereka dengan membuat ketidakmungkinan untuk pemulihan yang cepat.

Baca Ulangan 28:38. Bagaimanakah itu menolong kita untuk memahami apa yang terjadi di Yehuda?
_________________________________________________________________________________
_________________________________________________________________________________

Yoel menggunakan 4 istilah yang berbeda untuk belalang (Yoel 1:4), untuk maksud menunjukkan kehebatan tulah yang menyeluruh itu. Kehancuran yang disebabkan oleh belalang bahkan bertambah buruk oleh karena kekeringan. Semua tanaman  petani diharapkan sudah tersiram, dan petani putus asa karena tidak ada yang bisa dimakan atau dijual: bahkan mereka tidak memiliki bibit lagi untuk ditanam. Bencana seperti itu adalah sesuatu yang tidak pernah didengar oleh nenek moyang mereka dan sesuatu yang akan diceritakan untuk generasi berikutnya. Faktanya bahwa bencana yang seperti itu tidak pernah terjadi sebelumnya menambah pentingnya keadaan ini.

Nabi juga memberitahukan kehancuran dari makanan pokok dari tanah Israel, seperti anggur, gandum, minyak (Ul.14:23 18:4). Gandum dan jelai adalah padi-padian yang paling penting di Palestina. Anggur dan ara pada zaman Alkitab menggambarkan kedamaian hidup dan kelimpahan berkat Allah di tanah Perjanjian (1 raja. 4:25; Mi 4:4; Za 3:10). Gambaran yang indah dari damai dan kemakmuran adalah dapat duduk dibawah pohon anggur dan ara milik sendiri. Sekarang, semua hal ini terancam oleh penghakiman Ilahi yang akan datang oleh karena dosa mereka.

Panen adalah masa yang menyenangkan (Mzm. 4:7; Yes. 9:3). Walaupun tanah di Israel adalah pemberian Tuhan, itu masih milik Tuhan. Israel diharapkan menjadi penatalayanan yang setia atas tanah itu. Diatas semuanya, rakyat diharapkan untuk menyembah dan mengikut Allah, karena Dia adalah satu-satunya yang memberikan mereka tanah yang terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar