Jumat, 12 April 2013

Pelajaran Sekolah Sabat Dewasa, Jumat 12 April 2013

Pendalaman: Bandingkanlah kedua kutipan berikut ini dengan pekabaran dalam Hosea 7-14

--" Dengan perantaraan alam kejadian, dengan peraturan perantaraan bayangan dan symbol, dengan perantaraan segala nenek moyang dan nabi nabi, Allah telah berbicara kepada dunia. Pelajaran harus diberikan kepada manusia dalam bahasa manusia.Azas-azas pemerintahan Allah dan rencana penebusan harus diterangkan dengan jelas. Segala perjanjian lama harus dibentangkan dengan lengkap dihadapan manusia." --Ellen G. White, Alpha Omega, jld 5, hlm 30,31.

-- "Sepanjang tahun-tahun yang gelap manakala Raja demi Raja berdiri dengan berani menentang Surga dan memimpin orang israel makin lebih dalam kepada penmyembahan berhala, Allah mengirimkan pekabaran demi pekabaran kepada umat-Nya yang murtad. Dengan perantaraan nabi-nabiNya ia memberikan kesempatan untuk menghentikan air pasang kemurtadan dan supaya kembali kepadaNya. Kerajaan Israel tidak pernah ditinggalkan tanpa kesaksian-kesaksian yang agung terhadap kehebatan kuasa Allah untuk menyelamatkan dari dosa. tetapi walaupun saat sat gelap yang menyelubungi ada beberapa orang yang tetap benar kepada Raja Illahi dan ditengah-tengah penyembahan berhala hidup tak tercela di hadapan Allah yang kudus. Orang-orang yang setia ini termasuk diantara umat yang sisa yang benar atas mana rencana kekal Tuhan akhirnya menjadi kenyataan.  -- Ellen G. White, Alpha Omega, Jld 3, hlm 87. 


PERTANYAAN UNTUK DIDISKUSIKAN.
  1. Itulah yang memberi kesan bahwa melalui kehidupan dan pelayanan Hosea, firman Allah kepada Israel berati "Menjadi Daging" Bagaimanakah pemikiran ini hanya sebuah gambaran kecil dari kebenaran yang besar tentang kemanusiaan Yesus? lihat Yoh. 1:14.
  2. Israel kuno tidak berpisah dari Allah dalam satu malam. Bahkan, kemurtadan mereka terjadi secara bertahap. Persiapkanlah untuk dapat berbagi dengan anggota kelasmu beberapa langkah supaya seseorang dapat tetap setia kepada prinsip prinsip kekal Allah di dalam dunia yang berubah ini ?
  3. Beberapa orang percaya bahwa pekabaran Injil tentang kasih Allah yang besar dan keselamatan yang jelas dinyatakan di dalam Perjanjian Baru dan tidak dalam Perjanjian Lama. Apakah yang salah dengan pemikiran itu ? 
  4. Didalam kelas, kemukakan jawabanmu pada pertanyaan terakhir pelajaran di hari selasa.
  5. Perjanjian Lama adalah Alkitab yang dibaca Yesus dan  rasul Paulus. Lihatlah kutipan perjanjian baru dari Hosea yang ditemukan dalam Mat 19:3 dan Roma 9:25,26. Bagaimanakah Yesus dan Paulus menggunakan pekabaran Injil dalam buku Hosea untuk menyampaikan kebenaran kepada kita?
*Note: ada beberapa perubahan disesuaikan dengan teks dalam bahasa Inggris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar